Dalam
menjalankan kehidupannya, keadaan seorang anak tidak selalu sama dan berbeda
dengan anak lainnya. Perbedaan inilah yang menjadi dasar adanya faktor yang
menyebabkan perkembangan kemampuan kognitif anak usia dini juga berbeda. Sabri dan Muhibbinsyah keduanya merupakan
pakar psikologi pendidikan anak mengungkapkan ada tiga factor yang mempengaruhi
perkembangan Kognitif[1]
, yaitu :
1. Faktor
internal ( factor dari diri anak didik ) meliputi keadaan kondisi jasmani
(fisiologis ) dan kondisi rohani ( psikologis ).
Adapun yang tergolong factor internal adalah :
a. Faktor Fisiologis yaitu Keadaan fisik yang sehat dan segar serta kuat akan menguntungkan dan memberikan hasil belajar yang baik. Tetapi keadaan fisik yang kurang baik akan berpengaruh pada anak didik dalam keadaan belajarnya.
b. Faktor Psikologis
Yang termasuk dalam factor psikologis adalah intelegensi , perhatian, minat , motivasi dan bakat yang ada dalam diri anak.
2. Faktor
eksternal ( factor dari luar dari anak didik ) terdiri dari factor lingkungan,
baik sosial dan non sosial dan factor instrumental.
3. Faktor
pendekatan (approach to learning ) yakni jenis upaya belajar anak didik yang
meliputi strategi dan metode yang digunakan anak didik untuk melakukan kegiatan
pembelajaran materi- materi pelajaran.
[1] Syaiful Bahri Djamarah, 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru.
Surabaya: Usana Offset Printing. Hal.32
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
thanks for Coment...