Laman

PENGERTIAN PERKEMBANGAN KOGNITIF

 


Dalam pembahasan terkait teori perkembangan anak usia dini, kita bisa terpisah dari kata Kognitif, karena kognitif sangat berkaitan dengan perkembangan kecerdasan anak usia dini. Koginitif secara sederhana dapat diartikan sebagai kemampuan penyesuaian diri sesuai dengan situasi dan kondisi lingkungan.

Anak usia dini adalah manusia kecil yang sedang mengakami masa perumbuhan dan pekembangan. Seorang anak dapat dikategorikan sebagai anak usia dini dimulai sejak dia dalam kandungan (0 bulan) sampai dengan umur 6 tahun. Hal ini Sebagaimana disebutkan dalam Undang undang  RI No.20 tahun 2003  pasal 28 ayat 1  No. 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional bahwa anak usia dini adalah anak yang berada dalam rentan usai 0-6 tahun.

Pengembangan Kognitif anak usia dini diarahkan pada pengembangan visual, taktil, kinestik, aritmatika, geometri, sains dan auditori (Khadijah, 2016)[1].

Pada pandangan piaget (1952), kemampuan atau perkembangan kognitif adalah hasil dari hubungan perkembangan otak dan system nervous dan pengalamanpengalaman yang membantu individu untuk beradaptasi dengan lingkungannya.[2]

Sebagai salah satu pembahasan yang menjadi pokok dalam teori dan konsep dasar perkembangan anak usia dini, para ahli mengemukakan beberapa pendapat tentang pengertian perkembangan kognitif ini, di antaranya :

1.    Menurut Piaget, Kognitif adalah bagaimana anak beradaptasi dan menginterprestasikan objek dan kejadian-kejadian di sekitarnya[3];

2.    Menurut Binet Kemampuan kognitif adalah salah satu aspek perkembagan manusia yang berkaitan dengan pemahaman, penalaran, pengetahuan (Pengertian) yaitu bagaimana individu memahami lingkungannya[4].

3.    Menurut Chaplin yang disebutkan dalam buku metode pengembangan perilaku dan kemampuan dasar anak usia dini karya Winda Gunarti pada tahun 2008, Kognitif adalah rangsangan universal yang memuat semua mengenali semua bentuk, menukas, mengkhayalkan, mengukur dan berspekulasi dan mengevaluasi[5]

4.    Gatne mengemukakan Kognitif adalah kemampuan membeda-beda (diskriminasi),konseptual yang riil membuat definisidefinisi,merumuskan peraturan berdasarkan dalil-dalil.Kognitif adalah bagaiman cara individu bertingkah laku,cara individu bertindak yaitu cepat atau lambatnya dalam mecahkan suatu masalah yang dihadapinya[6]

5.    Benyamin bloom mengemukakan Kognitif adalah sebuah pembelajaran dengan klasifikasi tujuan pembelajaran berdasarkan berdasarkan domain pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang didefinisikan dalam tiga domain : kognitif, efektif, dan psikomotor[7]

Dari beberapa pengertian yang telah dikemukakan oleh para ahli tersebut di atas dapat diambil kesimpulan bahwa kognitif adalah sebuah istilah yang digunakan ahli psikolog dalam menjelaskan semua aktivitas mental yang berhubungan dengan persepsi, pikiran ingatan, dan pengaruh informasi yang memungkinkan seseorang memperoleh pengetahuan memecahkan masalah dan merencanakan masa depan atau semua proses psikologis yang berkaitan dengan bagaimana individu mempelajari memperhatikan mengamati membayangkan menilai dan memikirkan lingkungannya.

Setiap anak memiliki  perbedaan dalam mengembangkan kemampuan kognitif. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik itu faktor internal yang ada dalam diri anak tersebut maupun ektsernal yang banyak dipengaruhi oleh lingkungan kehidupan anak.



[1] Yolanda Pahrul, Rizki Amalia, Metode Bermain dalam Lingkaran untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, volume 5 Issue 2 (2021) hal. 1466

[2] Andi  Thahir, 2018 “Psikologi Perkembangan” (tanpa tempat). Hal. 18

[3] Ranita Maulidina, Leonita Siwiyanti, Indra Zultiar. “Upaya Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Metode Pencampuran Warna Sederhana”, Jurnal Utile Volume VI, Nomor I, Juni (2020)  Hal100-110.

[4] Isah, “Upaya Meningkatkan Kemam Puan Kognitif Anak Melalui Kegiatan Bermain Kartu Angka Pada Kelompok A Tk Asy-Asyifak Aik Anyar” Jurnal Pendidikan dan Dakwah Volume 1, Nomor 1, September (2019) hal. 58-76

[5] Novia Istiqomah, maemounah, 2021. Konsep dasar Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini Menurut Jean Piaget, Khazanah Pendidikan Volume 15 No.02 September (2021) hal. 153

[6] Isah, Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Kegiatan Bermain Kartu Angka Pada Kelompok A Tk Asy-Asyifak Aik Anyar, 2019. Hal. 62

[7] Ranita Maulidina, Leonita Siwiyanti, Indra Zultiar , 2020, Upaya Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Metode Pencampuran Warna Sederhana, Jurnal Utile ,Volume VI, Nomor I, Juni 2020: hal. 102

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

thanks for Coment...