Dalam
pembahasan terkait teori perkembangan anak usia dini, kita bisa terpisah dari
kata Kognitif, karena kognitif sangat berkaitan dengan perkembangan kecerdasan
anak usia dini. Koginitif secara sederhana dapat diartikan sebagai kemampuan
penyesuaian diri sesuai dengan situasi dan kondisi lingkungan.
Anak usia dini adalah manusia kecil yang sedang mengakami masa perumbuhan dan pekembangan. Seorang anak dapat dikategorikan sebagai anak usia dini dimulai sejak dia dalam kandungan (0 bulan) sampai dengan umur 6 tahun. Hal ini Sebagaimana disebutkan dalam Undang undang RI No.20 tahun 2003 pasal 28 ayat 1 No. 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional bahwa anak usia dini adalah anak yang berada dalam rentan usai 0-6 tahun.
Pengembangan
Kognitif anak usia dini diarahkan pada pengembangan visual, taktil, kinestik,
aritmatika, geometri, sains dan auditori (Khadijah, 2016)[1].
Pada
pandangan piaget (1952), kemampuan atau perkembangan kognitif adalah hasil dari
hubungan perkembangan otak dan system nervous dan pengalamanpengalaman yang
membantu individu untuk beradaptasi dengan lingkungannya.[2]
Sebagai salah satu pembahasan yang menjadi pokok dalam teori dan konsep
dasar perkembangan anak usia dini, para ahli mengemukakan beberapa pendapat
tentang pengertian perkembangan kognitif ini, di antaranya :
1. Menurut
Piaget, Kognitif adalah bagaimana anak beradaptasi dan menginterprestasikan
objek dan kejadian-kejadian di sekitarnya[3];
2. Menurut
Binet Kemampuan kognitif adalah salah satu aspek perkembagan manusia yang
berkaitan dengan pemahaman, penalaran, pengetahuan (Pengertian) yaitu bagaimana
individu memahami lingkungannya[4].
3. Menurut
Chaplin yang disebutkan dalam buku metode pengembangan perilaku dan kemampuan
dasar anak usia dini karya Winda Gunarti pada tahun 2008, Kognitif adalah
rangsangan universal yang memuat semua mengenali semua bentuk, menukas,
mengkhayalkan, mengukur dan berspekulasi dan mengevaluasi[5]
4. Gatne
mengemukakan Kognitif adalah kemampuan membeda-beda (diskriminasi),konseptual
yang riil membuat definisidefinisi,merumuskan peraturan berdasarkan
dalil-dalil.Kognitif adalah bagaiman cara individu bertingkah laku,cara
individu bertindak yaitu cepat atau lambatnya dalam mecahkan suatu masalah yang
dihadapinya[6]
5. Benyamin
bloom mengemukakan Kognitif adalah sebuah pembelajaran dengan klasifikasi
tujuan pembelajaran berdasarkan berdasarkan domain pengetahuan, sikap, dan
keterampilan yang didefinisikan dalam tiga domain : kognitif, efektif, dan
psikomotor[7]
Dari
beberapa pengertian yang telah dikemukakan oleh para ahli tersebut di atas dapat
diambil kesimpulan bahwa kognitif adalah sebuah istilah yang digunakan ahli
psikolog dalam menjelaskan semua aktivitas mental yang berhubungan dengan
persepsi, pikiran ingatan, dan pengaruh informasi yang memungkinkan seseorang
memperoleh pengetahuan memecahkan masalah dan merencanakan masa depan atau semua
proses psikologis yang berkaitan dengan bagaimana individu mempelajari
memperhatikan mengamati membayangkan menilai dan memikirkan lingkungannya.
Setiap anak memiliki perbedaan dalam mengembangkan kemampuan
kognitif. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik itu faktor internal
yang ada dalam diri anak tersebut maupun ektsernal yang banyak dipengaruhi oleh
lingkungan kehidupan anak.
[1] Yolanda Pahrul, Rizki Amalia, Metode Bermain dalam Lingkaran untuk
Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini, Jurnal Obsesi: Jurnal
Pendidikan Anak Usia Dini, volume 5 Issue 2 (2021) hal. 1466
[2] Andi Thahir, 2018
“Psikologi Perkembangan” (tanpa tempat). Hal. 18
[3] Ranita Maulidina, Leonita Siwiyanti, Indra Zultiar. “Upaya Peningkatan
Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Metode Pencampuran Warna Sederhana”, Jurnal Utile Volume VI, Nomor I, Juni
(2020) Hal100-110.
[4] Isah, “Upaya Meningkatkan Kemam Puan Kognitif Anak Melalui Kegiatan
Bermain Kartu Angka Pada Kelompok A Tk Asy-Asyifak Aik Anyar” Jurnal Pendidikan
dan Dakwah Volume 1, Nomor 1, September (2019) hal. 58-76
[5] Novia Istiqomah, maemounah, 2021. Konsep dasar Perkembangan Kognitif
Pada Anak Usia Dini Menurut Jean Piaget, Khazanah Pendidikan Volume 15 No.02
September (2021) hal. 153
[6] Isah, Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Kegiatan
Bermain Kartu Angka Pada Kelompok A Tk Asy-Asyifak Aik Anyar, 2019. Hal. 62
[7] Ranita Maulidina, Leonita Siwiyanti,
Indra Zultiar , 2020, Upaya Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Usia
Dini Melalui Metode Pencampuran Warna Sederhana, Jurnal Utile ,Volume VI, Nomor I,
Juni 2020: hal. 102
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
thanks for Coment...